Mitos Pernikahan Di Indonesia

6 Mitos Pernikahan Di Indonesia Yang Banyak Orang Percayai Sampai Sekarang

Pesta pernikahan adalah suatu hal yang sakral bagi setiap orang di dunia. Ada banyak hal yang harus dilakukan oleh para pasangan pengantin agar acara pesta pernikahan berjalan lancar dan hikmat.(Baca Juga: Adat Pernikahan Unik Yang Ada Di Indonesia) Di Indonesia sendiri, banyak mitos pernikahan di Indonesia yang beredar secara turun temurun dan masih dilakukan sampai sekarang. Berikut ini adalah 6 mitos pernikahan yang umum dipercayai oleh sebagian masyarakat di Indonesia. (Baca Juga: Tari Pagar Pengantin)

  1. Jangan Memotong Rambut
    Mitos Pernikahan Di IndonesiaDi beberapa daerah di Indonesia terdapat mitos yang beredar bahwa jangan memotong rambut sebelum melaksanakan acara pernikahan. Hal itu didasari oleh pemahaman bahwa orang yang memotong rambutnya sebelum acara pernikahan akan menolak rejeki. Namun sekarang larangan ini sudah jarang dilakukan karena memang memotong rambut sebelum acara akan menambah kerapihan para calon pengantin.
  2. Jangan Ketemu Dengan mantan
    Mitos Pernikahan Di IndonesiaSebenarnya larangan ini juga harus dilakukan kapan saja tidak harus saat akan menikah. Karena banyak hal yang tidak diinginkan akan terjadi bila calon pengantin bertemu dengan mantan kekasihnya.
  3. Jangan Berpergian Jauh Jauh
    Mitos Pernikahan Di IndonesiaMitos jangan berpergian jauh jauh adalah mitos yang banyak dilakukan di berbagai daerah. Karena selain menghindari hal buruk yang terjadi, Berpergian jauh jauh juga akan mengurangi kemungkinan sang calon pengantin terpaut hatinya oleh orang lain saat berpergian.
  4. Jangan Bertemu Pasangan
    Mitos Pernikahan Di IndonesiaMitos jangan bertemu pasangan di lakukan oleh masyarakat Jawa dan biasa disebut dengan “pingitan”. (Baca Juga: Prosesi Adat Pernikahan Jawa Tengah Lengkap). Mitos ini bertujuan agar para calon pengantin akan merasa lebih kangen saat nanti bertemu di acara pernikahan. Namun banyak juga kebudayaan lain di Indonesia yang melakukan hal sama seperti “pingitan”.
  5. Jangan Pergi Ke Pantai
    Mitos Pernikahan Di IndonesiaLarangan pergi ke pantai banyak dipercaya oleh masyarakat di Indonesia karena mereka percaya di pantai rawan sekali dengan hal berbahaya seperti ombak, tenggelam dll.
  6. Jangan Menikah Sebelum Kakak Menikah
    Mitos Pernikahan Di IndonesiaInilah mitos yang banyak dipercaya oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia bahwa jangan menikah sebelum kakak kita menikah. Alasannya karena jika kita melangkahi sang kakak maka ia akan sulit dapat jodoh. Padahal jodoh ada di tangan tuhan jadi apapun yang terjadi jika kita berusaha maka akan tetap dapat jodoh tanpa harus khawatir dilangkahi. (Baca Juga: Pernikahan Unik Yang Ada Di Dunia)

 

Itulah 6 mitos pernikahan di Indonesia yang masih banyak orang lakukan hingga saat ini. Jika kamu masih percaya mitos mitos tersebut tidak masalah karena mitos pernikahan diatas merupakan salah satu kekayaan kebudayaan di Indonesia juga.

Hubungi Kami
Search