Cara Menghitung Jumlah Porsi Katering Pernikahan

Cara Menghitung Jumlah Porsi Katering Pernikahan

Ada beberapa cara menghitung jumlah porsi katering pernikahan yang yang bisa digunakan, Meski tidak ada ukuran yang pas agar makanan yang disajikan di pesta pernikahan Anda tidak ada kekurangan , nah berikut ada beberapa tipsnya :

Resepsi pernikahan terkadang menjadi ajang reuni teman-teman sekolah atau rekan-rekan kerja lama. Orang tua pun pastinya ingin mengundang sanak keluarga yang terkadang jarang bertemu. Ajang pertemuan ini akan terasa lengkap bila tersedia makanan dan minuman dalam jumlah yang tepat. Tamu undangan yang datang ke pesta selain ingin memberikan ucapan selamat pada kedua mempelai pasti ingin menikmati hidangan yang disediakan.

Tapi nih yang sering terjadi (kalau tidak mau dibilang pasti terjadi), dana yang dianggarkan tidak sesuai dengan pengeluaran yang satu ini. Bilapun dananya ada, perhitungannya ada yang kurang atau kurang tepat.

Praktisi wedding ceremony, Resti Nendia, mengatakan, katering merupakan hal yang penting yang harus dipersiapkan dalam resepsi, Misalnya yang datang lebih banyak undangan orang tua, makanan harus disesuaikan usia mereka. Jangan sampai makanan aneh, ketika mereka cicipi kurang pas. Sedangkan komposisi antara menu prasmanan dengan gubukan sangat berbeda antara resepsi yang diadakan pada malam hari dengan siang hari.

“Kalau siang hari menu prasmanan sebesar 80% dan 20% untuk gubukan. Sedangkan pada malam hari, perbandinganya prasmanan 70% dan 30% pada menu gubukan,” jelas dia.

Sementara itu, lanjut dia, jumlah porsi makanan yang harus dihitung adalah orang, bukan berdasarkan jumlah tamu yang diundang. Mengingat biasanya para penganting kurang menghitung jumlah anggota keluarganya yang tidak pakai undangan.

Selain itu, kata dia, jumlah panitia yang bukan dari keluarga namun tidak menggunakan undangan, seperti teman-teman dekat atau pagar bagus dan ayu juga harus dihitung. Bahkan, calon pengantin membuat undangan yang ditujukan pada grup.

“Akhirnya malah kehabisan makanan. Untuk itu, hitungannya apabila undangannya 500 buah maka perhitungnya akan hadir 1000 orang, ditambah keluarga dan panitia berjumlah 200-300 orang. Jadi jika mau aman untuk undangan 500 adalah antara 1200-1300 porsi,” tutup dia.

Untuk permasalahan tersebut jangan khawatir, kami dari Vessa Catering sebagai jasa penyedia katering pernikahan di Jakarta akan membantu anda membuat hari anda spesial.