Adat Pernikahan Unik Yang Ada Di Indonesia

5 Adat Pernikahan Unik Yang Ada Di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak sekali kebudayaan, terhitung ada sekitar 1340 suku bangsa terdapat di negara Indonesia. Dalam hal pernikahan sendiripun tiap daerah memiliki adat pernikahannya masing-masing. Berikut ini adalah 5 Adat Pernikahan Unik yang ada di Indonesia.

  1. Menanam Bibit Pohon Jati – Gunung Kidul, JogjakartaAdat Pernikahan Unik Yang Ada Di Indonesia

    Di daerah Gunung Kidul ada tradisi unik jika ada yang ingin menikah, yaitu tiap pasangan yang ingin melangsungkan acara pernikahan di wajibkan menanam 5 bibit pohon Jati. Tradisi tersebut dinamakan tradisi Kromojati, Kromojati sendiri berasal dari kata Kromo yang artinya pernikahan dan Jati yaitu pohon Jati. Tradisi ini dilakukan secara turun temurun oleh warga desa Bohol, Rongko, Gunung Kidul.

  2. Nikah Colong – Suku Osing, BanyuwangiAdat Pernikahan Unik Yang Ada Di Indonesia

    Jika ada pasangan yang tidak direstui orang tua biasanya tidak akan terjadi acara pernikahan. Karena kebanyakan di Indonesia acara pernikahan itu harus memiliki restu dari kedua orang tua. Beda halnya dengan yang terjadi di Suku Osing, jika ada pasangan yang tidak direstui orang tua maka tetap bisa melakukan pernikahan namun harus melewati syarat dahulu yang sudah menjadi tradisi di suku Osing. Calon pengantin pria akan membawa calon pengantin wanitanya ke rumah pengantin pria. Lalu dari keluarga pengantin pria akan mengutus satu orang Colok untuk memberi kabar ke keluarga pengantin wanita bahwa calon pengantin pria ingin melakukan nikah colong. Walaupun terdengar aneh tapi tradisi unik ini harus mempunyai kesepakatan dahulu di kedua belah pihak.

  3. Kawin Lari – Suku Sasak, Lombok
    Adat Pernikahan Unik Yang Ada Di Indonesia

    Sama seperti nikah colong yang dilakukan oleh suku Osing. Suku Sasak di Lombok juga melakukan hal serupa bernama Merari. Prosesi Merari pun mirip dengan nikah colong yakni sang pengantin pria akan membawa lari calon mempelainya ke rumah sang pengantin pria. Nanti dari pihak keluarga pengantin pria akan memberi kabar ke keluarga pengantin wanita kalau anaknya ingin dinikahkan.

  4. Malam Bainai – Suku Minang, Sumatera Barat
    Adat Pernikahan Unik Yang Ada Di Indonesia

    Di Suku Minang Sumatera Barat, terkenal tradisi malam Bainai sebelum acara pernikahan di daerah tersebut dilaksanakan. Malam Bainai adalah tradisi dimana calon pengantin wanita akan di pakaikan tumbukan daun pacar merah di kukunya. Maksud dari tradisi ini adalah agar sang pengantin wanita dijauhkan dari bahaya dan hal hal buruk lainnya. Bainai sendiri berasal dari daun pacar daun merah dalam bahasa setempat. Karena itulah tradisi malam Bainan terdapat dalam adat pernikahan unik yang ada di Indonesia.

  5. Menahan Buang Air – Suku Tidung – KalimantanAdat Pernikahan Unik Yang Ada Di Indonesia

    Apa jadinya jika kita tidak boleh buang air saat ingin menikah? hal itulah yang dilakukan oleh suku Tidung di Kalimantan. Semua calon pengantin yang ingin menikah diharamkan buang air 3 hari 3 malam sebelum acara pernikahan dilangsungkan. Maka banyak calon pengantin yang berasal dari suku Tidung akan makan dan minum sedikit saja sebelum acara pernikahan. Hal ini dimaksudkan agar pernikahannya nanti dijauhkan dari hal hal negatif dan selalu diberikan keberuntungan di kehidupannya. Tradisi unik ini juga dilakukan oleh para penduduk di Borneo, Malaysia.

Itulah 5 adat pernikahan unik yang ada di Indonesia, apapun adat pernikahan yang kalian jalani, harus dilakukan dengan sepenuh hati dan hikmat ya agar tradisi turun temurun dari keluarga kita tetap terjaga karena itulah uniknya kebudayaan di Indonesia.

Hubungi Kami
Search